Senin, 24 Januari 2011

KARYA TULIS

LEMBAR PERSETUJUAN KARYA TULIS

Nama : M.Zamaludin
NIS : 411
Pogram Keahlian : Akomodasi Perhotelan
Judul Karya Tulis : Tugas Dan Tanggung Jawab
Seorang Room Boy

Telah diperiksa dan disetujui untuk diajukan
Pada tanggal 25,Januari 2011









Pembimbing materi Pembimbing tehnik





(Ferry Rulianto) (Novy Kurniawati S.pd)





LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis ini diajukan pada hari Selasa tanggal 25,januari 2011

Penguji





(Ferry Rulianto)




Mengetahui,
Kepala SMK Sismadi





(Marlina Yuliana,Amd.Par)









LEMBAR PERNYATAAN
Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya tulis ini adalah karya saya sendiri. Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian isi karya tulis ini bukan hasil karya saya sendiri, saya menerima sangsi sesuai dengan peraturan yang berlaku.




Jakarta,25 Januari 2011





M.ZAMALUDIN
NIS:411















ABSTRAK
A. M.ZAMALUDIN,NIS :411
B. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SEORANG ROOM BOY DI GOLDEN BOUTIQUE HOTEL JAKARTA. KARYA TULIS : JAKARTA : PROGRAM KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN : SMK PARIWISATA SISMADI, JANUARI,2011
C. ix+v BAB+28 HAL
D. KATA KUNCI : ROOM BOY
E. TUJUAN :
1. sebagai syarat untuk mengikuti ujian nasional 2.Sebagai bekal agar nantinya penulis menjadi tenaga kerja yang terampil
dalambidang perhotelan khususnya HouseKeeping
F. DAFTAR PUSTAKA:
Darsono, Agustinus.1995. Tata Graha Hotel (housekeeping) Rasindo Gramedia, Jakarta
Job discription Golden Boutique Hotel Jakarta

G. PEMBIMBING: Tekhnis (Novy Kurniawati S.pd)
Materi( Ferry Rulianto)














MOTTO
Mulailah menggarap sedikit demi sedikit ide yang ada dalam pikiran Anda, jangan jadikan ide tersebut hanya sebatas wacana.




























KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SEORANG ROOM BOY”. Penyusunan karya tulis ini di ajukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti UJIAN NASIONAL SMK Sismadi tahun ajaran 2010/2011
Penulis menyadari bahwa selesainya laporan ini selain merupakan hasil keja penulis juga berkat bantuan dari beberapa pihak. Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Ibu Marlina Yuliana Amd.par selaku kepala SMK Sismadi
2. Ibu Novy kurniawati Sebagai guru pembimbing tehknis
3. Bpk Ferry Rulianto sebagai pembimbing materi
4. Bpk Farid Abdul Qholik Selaku wali kelas
5. Segenap guru dan staf SMK Sismadi
6. Golden Boutique Hotel Jakarta yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan On The Job Training
7. Ibu Restu Diana S.H selaku H.R.M Golden Boutique Hotel
8. Para karyawan dan karyawati Golden Boutique Hotel Jakarta yang telah banyak membantu
9. Ayah dan Ibu penulis yang telah banyak membantu dalam proses penulisan Karya Tulis
10. Semua teman-teman yang telah memberikan saran dan motivasi dalam penyusunan Karya Tulis
Dalam penyusunan karya tulis ini penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, masih banyak kekurangan yang memerlukan penyempurnaan baik dalam materi maupun penyajiannya. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik guna perbaikan penyusunan karya tulis di masa yang akan datang.
Penulis juga berharap semoga karya tulis ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan prestasi belajar dunia pendidikan pada umumnya dan pada SMK pariwisata khususnya.


Jakarta 20,January 2011
Penulis




M.Zamaludin
NIS:411
















DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL
LEMBAR PERSETUJUAN i
LEMBAR PENGESAHAN ii
LEMBAR PERNYATAAN iii
ABSTRAK iv
MOTTO v
KATA PENGANTAR vi
DAFTAR ISI................................................................................................vii
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG..................................................................... 1
B. MAKSUD DAN TUJUAN PENULISAN........................................ 2
C. METODE PENYUSUNAN KARYA TULIS................................... 2
BAB II METODOLOGI PENELITIAN
A. TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN....................................... 3
B. SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN PENULIS........................ 3
C. FASILITAS YANG TERSEDIA DI GOLDEN BOUTIQUE HOTEL 4
D. STRUKTUR ORGANISASI......................................................... 8
BAB III PEMBAHASAN HOUSEKEEPING DEPARTMENT
A. PENGERTIAN HOUSEKEEPING DEPARTEMEN...................10
B. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DEPARTEMEN 10
C. SEKSI-SEKSIHOU SEKEEPING DEPARTEMENT 11
D. HOUSEKEEPING ROOM SECTION 12

E. CLEANING EQUIPMMENT 13
F. CODE OF ROOM STATUS (kode atau istilah status kamar) 13
G. TATA CARA MEMBERSIHKAN KAMAR
BAB















BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Dalam masa sekarang ini pemerintah Indonesia sangat giat –giatnya. Melaksakan pembangunan dalam segala bidang dan Reformasi total,baik dalam budang politik,Hukum,Ekonomi,yang harus di perbaharui,salah satunya yaitu bidang Pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu wadah yang sangat perlu kehadiranya, karena dengan melalui pendidikan Nasional yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 seperti yang tercantum dalam garis – garis besar haluan Negara bahwa :
Pendidikan Nasional berdasarkan pancasila bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kecerdasan dan keterampilan serta budi pekerti memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat bangsa dan cinta tanah air agar dapat menumbuhkan manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama – sama bertanggung jawab atas pembangunan.
Sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yang berdasarkan pancasila tersebut didirikan lembaga pendidikan baik formal maupun Non formal.Salah satu pendidikan formal adalah Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam Kurikulum Pendidikan SMK terdapat beberapa mata pelajaran salah satu diantaranya adalah HouseKeeping.




B.MAKSUD DAN TUJUAN PENULISAN LAPORAN

 MAKSUD
Maksud dari penulisan membuat laporan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan penulis tentang perhotelan khususnya dalam bidang perhotelan,yang selama ini dilakukan di Batavia Hotel.
 TUJUAN
Tujuan penulisan membuat Karya Tulis adalah :
1. Sebagai syarat untuk mengikuti ujian nasional
2. Sebagai bekal agar nantinya penulis menjadi tenaga kerja yang terampil dalambidang perhotelan khususnya House Keeping.

C.METODE PENYUSUNAN KARYA TULIS

Dalam metode penyusunan data – data laporan yang telah ada,penulis melakukan beberapa cara diantaranya :
1. Tanya jawab (wawancara)
Penulis melakukan tanya jawab langsung kepada karyawan hotel seputar fasilitas dan alat – alat yang di gunakan dihotel dan juga bagaimana cara menggunakannya.
2. Observasi
Penulis terjun langsung kehotel untuk mengadakan penelitian dari data yang dikumpukan selama prakerin.
3. Buku-buku (studi pustaka)
Penulis mengumpulkan data-data dari buku yang berhubugan langsung dengan laporan yang dibuat

BAB II
METODOLOGI PENELITIAN

A.TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN

a. TEMPAT:
GOLDEN BOUTIQUE HOTEL
b. WAKTU PENELITIAN:
Tanggal 11 Maret 2009 – 17 Juli 2009

B.SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN PENULIS

Sejarah dan keadaan umum berdirinya Hotel Golden Jakarta

Pada awal berdirinya Golden Boutique Hotel merupakan bagian dari PT Golden Truly yang bergarak diberbagai bidang bisnis antara lain : Retail,Financial, Services, Property, Distributorship and Export/Import, Computer System,Hotel Chain dan diberikan nama hotel Golden
Hotel ini dibangun sejak tahun 1995, tetapi baru dibuka pada tahun 1997. Hotel Golden berlokasi di Jalan Angkasa No.1 Jakarta Pusat 10720
Pada perencanaan awal hotel ini merupakn hotel berbintang tiga dengan fasilitas bintang empat, tetapi setelah peninjauan dari Deparpostel, maka hotel ini di tetapkan dan di resmikan sebagai hotel berbintang empat, peresmiannya di lakukan oleh Manparpostel pada saat itu di jabat oleh Bapak Joop Ave.
Pada awalnya pemilik hotel ini adalah Bapak Bambang Sutrisno dan juga menjabat sebagai Managing Director dari Golden Truly Group. Pengelola hotel ini di bawah lisensi dari SUNROUTE HOTEL SYSTEM JAPAN, dan sebagai General Managernya adalah Mr. Michael Akira Ogii.
SUNROUTE HOTEL SYSTEM JAPAN adalah chain hotel dari Jepang, yang hotel-hotelnya banyak terdapat di Jepang dan di Hongkong. Hotel Golden merupakan hotel yang mempunyai 17 lantai dengan kapasitas 250 kamar dengan ballroom yang mampu menampung sampai 1500 orang.
Seluruh kegiatan hotel setiap harinya ditangani oleh seorang Project Manager dibantu oleh General Manager dan Resident Manager. Project Manager bertindak pula sebagai Kepala Divisi hotel (Kadiv hotel ) di Golden Truly Group.
Adapun yang menduduki jabatan ini adalah Ibu Trisna Pudjawathi. Tetapi pada tahun 1998, baik General Manager maupun Resident Manager ditiadakan akibat adanya krisis moneter
Tetapi sejak tahun 2000 Golden hotel telah bekerja sama dengan Choice Hotel International dan terjadi perubahan management pengelolanya sehingga berganti nama menjadi Clarion Hotel Golden
Adapun pengelola operasional Clarion Hotel dipercayakan kepada anak perusahaan Choice Hotel yaitu PT.Prudencial Global Asia (PGA) dimana yang di tunjuk sebagai GM adalah Bapak Suherman Widjaya .
Seiring dengan perubahan waktu maka terjadi perubahan kepemilikan saham atas hotel ini maka tepatnya pada bulan maret 2004 Clarion Hotel Golden berganti Management dari Choice Hotel International System beralih kepada Golden Fortune Management System serta berganti nama menjadi Golden Boutique Hotel dan di pimpin oleh seorang General Manager berkewarganegaraan Jerman yaitu Mr.Francis Dehnhardt.

C. FASILITAS YANG TERSEDIA DI GOLDEN BOUTIQUE HOTEL

Golden Boutique Hotel adalah sebuah hotel yang memiliki kategori bintang empat yang telah di sahkan oleh Deparpostel. Bentuk bangunan Golden Boutique Hotel mempunyai unsur yang unik dan aneh, karena bangunan nya mencerminkan sayap burung garuda yang sedang terbang.
Jenis pelayanan yang di berikan kepada tamu adalah penjualan kamar-kamar yang terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari standard sampai dengan suite


Kofigurasi kamar secara keseluruhan adalah 250 kamar
Jenis-jenis kamar
 Golden superior single 70 kamar
 Golden superior twin 90 kamar
 Golden luxury room 33 kamar
 Golden luxury twin 33 kamar
 Executive floor ( single ) 16 kamar
 Executive floor ( twin ) 7 kamar
 Honeymoon suite 1 kamar

Selain kamar, fasilitas yang di miliki oleh Golden Boutique Hotel adalah

A. Asiatique Coffee Shop
Sejak Februari 2004 Coffee Shop ini beralih kepemilikan dari fame station ke Golden Boutique Hotel Management, terletak di lobby area dengan menu Eropa dan Indonesia. Coffee Shop ini membuka jam operasi 24 jam, dan member hiburan seperti live music. Selain itu juga menerima function atau acara untuk pernikahan, ulang tahun dan lain sebagainya.

B. Business Centre
Memberikan pelayanan kesekertariatan dari pengetikan, penyewaan computer, internet sampai membantu tamu untuk pemesanan atupun pembatalan tiket pesawat. Terletak di area lobby di samping Front Office Counter, dan beroperasi pada pukul 09:00-17:00 Hrs.

C. Body Gym
Pusat kebugaran yang dikelola oleh Management merupakan pusat kebugaran yang memberikan fasilitas olah raga yang lengkap seperti Tennis court dan joging area, Semi Indoor Swimming pool, Sauna, Aerobik, fitnes.

D. Satelite Channel

Fasilitas televisi di kamar dengan satelite channel yang terdiri dari
 7 channel untuk stasiun televisi lokal
 9 channel untuk stasiun Sport
 2 channel untuk News TV
 2 channel untuk in house movie

E. Laundry dan Dry Cleaning Service

Hotel ini mempunyai Laundry Dry Cleaning sendiri, bahkan Laundry ini juga menerima Laundry dan Dry Cleaning dari luar, baik hotel maupun restaurant. Terletak di basment I dengan fasilitas kendaraan untuk antar jemput sebanyak 2 unit.

F. Parking Area & Limosine Service

Golden Hotel termasuk dalam hotel yang mempunyai kapasitas area parking yang cukup besar yang terdiri dari lantai dasar dan basment.
Selain itu Golden Hotel mempunyai kerjasama dengan Gamya taxi yang menyediakan armadanya dari taxi sampai limousine.

G. Bus Shuttle Service Dan City Tour Service

Hotel akan menyediakan Bus shuttle bekerja sama dengan perusahaan pengelola bus komersial untuk menjemput dan mengantarkan tamu, baik ke airport ataupun dalam rangka bisnis tamu tersebut, bila berjumlah banyak atau group, sedangkan untuk tamu yang jumlah sedikit, hotel menyedikan dua mobil kijang. City tour diatur oleh Bell Captain.



H. Lembur Kuring Restaurant

Restaurant yang special menyediakan masakan-masakan tradisional khas sunda yang buka 12 jam,
Dengan masakan special :
 Gurami Goreng
 Pepes ikan mas
 Ikan mas acar kuning (sambal trasi, lalapan, Dll)

I. Ruang Pertemuan

a.)golden ballroom
Ruangan dengan kemampuan untuk menampung 1000 sampai dengan 1500 orang terletak disebelah kanan loby dengan ukuran 21 x 44m. yang dapat disekat menjadi

 crystal ballroom,yang dapat menampung 1000 orang dengan ukuran 21 x 44 m
 jade ballroom, kemampuan menampung mencapai 200 orang dengan ukuran 21 x 7 m
 ruby ballroom, kemampuan menampung mencapai 80 orang dengan ukuran 10 x 7 m
 emerald ballroom, kemampuan menampung mencapai 40 orang dengan ukuran 7 x 5 m
 pearl ballroom, kemampuan menampung mencapai 250 orang dengan ukuran 27 x 7 m.





b.)garnd golden ballroom LT.II

 Silver room, kemampuan menampung mencapai 200 orang dengan ukuran 11 x 17 m.
 Golden room, yang dapat menampug 200 orang dengan ukuran 11 x 17m.
 Platinum room, yang dapat menampung 200 orang dengan ukuran 11 x 17 m.

D. STRUKTUR ORGANISASI

Organisasi adalah merupakan tata hubungan antara orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. Setiap karyawan mempunyai pekerjaan yang masing-masimh mempertanggung jawabkan tugasnya kepada atasannya (supervisor, departement head)
Struktur organisasi dapat di gambarkan dalam bentuk bagan organisasi yang mencerminkan:
 Hubungan antara atasan dengan bawahan
 Bagian tingkatan orang dalam suatu organisasi
 Menggambarkan pembagian kerja
 Jenis-jenis pekerjaan yang dijalankan

Secara ringkas struktur organisasi Golden Boutique Hotel dapat di gambarkan sebagai berikut
 General manager
 Resident manager
 Departement head
 Food & Beverage Division Manager
 Food & Beverage Asisstant Manager
 Executive Chef
 Outlet Chef
 Sales & Marketing Manager
 Front Office Manager
 Executive Housekeeper
 Laundry Manager
 Financial Controller
 Internal Controller
 Purchasing manager
 Body Gym Manager
 HRD & General Affair Manager
 Chief Engineer
 Security & safety manager
 Senior Supervisor
 Supervisor
 Senior Staff
 Staff
















BAB III
PEMBAHASAN HOUSEKEEPING DEPARTMENT

A.Pengertian Housekeeping Department

Housekeeping Department adalah salah satu bagian dari hotel yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menangani dan memelihara kebersihan,kerapihan, kenyamanan serta keindahan di seluruh area hotel baik area umum (public area) maupun kamar, sehingga membuat tamu merasa nyaman dan betah pada saat berkunjung maupun menginap di hotel. Oleh karena itu, Housekeeping mempunyai peranan yang sangat penting dalam melayani kebutuhan para tamu dalam penyewaan kamar maupun seluruh area dalam lingkungan hotel. Berarti dapat di simpulkan bahwa Housekeeping mempunyai peranan dalam menciptakan citra hotel secara menyeluruh

B. Tugas dan Tanggung Jawab Department Housekeeping

Housekeeping Department mempunyai tugas dan tanggung jawab antara lain sebagai berikut :
 Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, aman , dan nyaman
 Memberikan pelayanan kepada tamu sebaik-baiknya supaya tamu merasa puas selama
menginap di hotel
 Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar hotel
 Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel

Housekeeping memiliki sasaran tertentu dalam memberikan pelayanan, yaitu:

 Clean (bersih)
 Attractive (memiliki daya tarik)
 Comfortable (kenyamanan)
 Safe (keamanan dan keselamatan)

Adapun area tanggung jawab Housekeeping antara lain:
1. Guest Room
2. Lobby
3. Restaurant
4. Bar
5. Corridor
6. Guest Toilet
7. Employee Toilet
8. Locker
9. parking Area
10. Garden
11. Swimming Pool
12. Banquet
13. Office
14. Arcade

C. SEKSI-SEKSIHOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Floor section/room section
a. Houseman section
b. Gardening section
c. Uniform section
d. Linen section
e. Lost and found section
f. Seamstres section
g. Florist section
h. Laundry section
i. Swimming pool section
E.HOUSEKEEPING ROOM SECTION
Di dalam department Housekeeping ada beberapa bagian yang menangani tugas-tugas tertentu,seperti linen,laundry,public area,order taker,store keeper,gardening section yang tugasnya sangat penting dalam penyewaan kamar.
1. Pengertian Room Section
Room section adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapihan dan kenyamanan pada saat tamu menginap. Room section dipimpin oleh floor captain/floor section yang bertugas memeriksa kamar yang sudah di bersihkan,apakah kamar itu bersih, lengkap, dan indah sehingga dapat di jual kepada tamu.
2. Pengertian Room Attendant
Floor captain/floor section memiliki bawahan yang di sebut dengan room attendent yaitu, orang yang bertugas dalam melaksanakan pembersihan kamar. Room attendent laki-laki biasa di sebut dengan Room Boy sedangkan Room Attendent perempuan biasa di sebut dengan Room Maid.
3. Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendent
Room attendent mempunyai beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan setiap saat selama bekerja antara lain sebagai berikut:
 Membersihkan kamar tamu
 Melengkapi kebutuhan/perlengkapan kamar (guest supplies)
 Membuat laporan penemuan serta kehilangan barang milik tamu di area hotel
 Melaporkan kehilangan barang milik hotel yang terbawa oleh tamu
 Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada tamu


F. CLEANING EQUIPMMENT

Adalah peralatan yang di gunakan untuk membersihkan kamar.
Peralatan tersebut sangat perlu dibawa guna menunjang kebersihan kamar. cleaning equipment terbagi menjadi dua yaitu:
 Manual equipment
Adalah alat pembersih yang menggunakan tangan secara langsung.
Macam-macam manual equipment yang tersedia di hottel golden :
 Sweeper/broom (sapu ijuk)
 Dust pan (pengki/serokan)
 Floor mop/mopping handle (kain pel/pel bertangki)
 Hand brush (sikat tangan )
 Toilet bowl stick brush (sikat kamar mandi )
 Steel brush (sikat kawat)
 Cleaning cloth (lap pembersih)
 Floor squeezer (alat untuk manarik ganangan air)
 Lobby duster (alat untuk menarik debu)
 Sponge (busa)

 Machinal/mechanical equipment
Adalah alat pembersih yang menggunakan tenaga listrik/mesin.
Macam-macam machinal/mechanical equipment yang tersedia di hotel Golden:
 Vacuum cleaner (alat penyedot debu)
 Polisher machine (alat untuk mengkilapkan permukaan lantai)
 Blower (alat untuk mengeringkan lantai karpet yang sudah di cuci)





 Cleaning Agent/Chemical
Adalah obat pembersih yang digunakan untuk menghilangkan segala kotoran yang ada di kamar. Chemical ini di taruh pada tempat khusus yang biasa dibawa oleh room boy yaitu,cleaning kit.
Macam-macam chemical yang tersedia di Golden Hotel:
 MPC (multy purpose cleaner) obat pembersih serba guna
 Satour untuk membersihkan bau tidak sedap
 Lemon eze untuk membersihkan atau mengkilapkan besi-besi
 Amazen untuk mencuci piring
 Catee untuk menghilangkan noda-noda pada chinaware
 Easy dub untuk membersihkan bath tub, wash basin, toilet bowl
 Klinix untuk shampo
 Go getter obat pembersih toilet bowl dan urinior
 Glass cleaner obat pembersih kaca
 Furniture polish obat untuk membersihkan atau mengkilapakan perabotan-perabotan yang terbuat dari kayu
 Alumunium cleaner obat untuk membersihkan atau mengkilapkan alumunium
 Lime a way obat untuk menghilangkan noda-noda pada kompor dan noda-noda pada permukaan keras yang sulit dihilangkan

G. CODE OF ROOM STATUS (kode atau istilah status kamar)

 O ( occupied )
Adalah singkatan dari status kamar yang masih ditempati tamu,biasanya ditulis dengan jumlah tamunya,01,02 dan sebagainya.

 V ( vacant )
Adalah singakatan untuk status kamar dalam keadaan kosong tapi rapi,bersih,dan siap dijual atau disewakan kepada tamu.


 SO ( sleep out )

Adalah singkatan untuk status kamar yang disewa tamu,tetapi tamu tidak menempati kamar tersebut.mungkin tamunya keluarkota tetapi koper/barang-barangnya tetap dikamar dan sewa tetap diperhitungkan.
 NB ( occupied no baggage )
Adalah singkatan untuk status kamar yang disewa tamu,tetapi tamu yang menyewa tidak membawa barang,atau koper kedalam kamarnya.
 DD ( don’t disturb )
Adalah singkatan status kamar yang disewa tamu,dan tamu memasang don’t disturb sign pada pegangan pintu yang artinya tamu tidak mau diganggu.
 OO ( out of door )
Adalah singkatan untuk status kamar yang sedang rusak,atau diperbaikai,sehingga tidak dapat dijual atau disewakan.
 DL ( double look )
Adalah kode kamar yang disewa tamu dan pintunya dikunci dua kali,dengan demikian petugas tidak dapat masuk kekamar dengan sembarangan.
 CI ( check- in )
Adalah singkatan untuk status kamar yang baru saja disewa tamu.
 CO ( check out )
Adalah status kamar masih dalam keadaan kotor,karena baru saja ditinggal oleh tamu yang berangkat check out.
 HU ( house use )
Adalah status kamar yang kamarnya ditempati oleh staaf kantor ( manager )karena tugas.
 RS ( reepe use )
Adalah status kamar yang tamunya tidak mau,diganggu,dibersihkan karena tamu yang minta.


H. TATA CARA MEMBERSIHKAN KAMAR

a. MEMASUKI KAMAR
Doronglah kereta ke depan pintu kamar yang akan dikerjakan. Letakan kereta sejajar dengan corridor. Jangan sekali-kali menaruh kereta dengan posisi melintang. Usahakan agar kereta tidak menyentuh tembok kamar. Bila kereta tertutup pada satu sisinya,hadapkan bagian yang terbuka ke pintu kamar,supaya mudah mengambil dan menaruh perlengkapanya. Setelah kereta ditaruh dengan tepat,ketuklah/tekan bel pintu kamar dengan punggung jari, ketuk jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut. Ketuk pintu 3 kali, sambil menyebut identitas diri atau departemen anda.
Jangan sesekali mengetuk pintu dengan kunci atau pulpen. Agar supaya pintu itu tidak ternoda atau lecet. Jangan lupa posisi anda harus di depan piping hold agar tamu dapat melihat dari dalam kamar. Kalau tidak ada jawaban, ulangi lagi untuk yang kedua atau yang ketiga kalinya. Bila tidak ada jawaban pula, masukkan kunci di pintu dan bukalah pintu perlahan-lahan.
Andai kata ada tamu yang tertidur tutuplah kembali pintu secara perlahan-lahan, usahakan jangan sampai tamu terbangun. Apabila ternyata tamunya tidak ada di kamar gantunglah tanda pramugraha (rooming progress) pada pegangan/tombol pintu sebelah luar.
Apabila waktu pintu di ketuk ada jawaban dari tamu dan menyuruh anda masuk atau pintunya di buka oleh tamu, sapalah tamu itu dengan kata-kata yang sopan dan ramah. Kalau anda sudah mengetahui nama tamu tersebut sapalah dengan menyebut namanya. Lanjutkan dengan permintaan untuk mengerjakan kamarnya.
Greeting terlebih dahulu “selamat pagi , bolehkah saya mengerjakan kamar bapak sekarang?” setelah kamar tamu dibuka, periksa semua bola lampu, dengan cara menyalakan lampu kemudian mematikannya. Laporkan atau catat bila ada lampu yang mati. Periksa semua perlengkapan yang lain seperti TV,AC,refrigerator,laci-laci dan lain-lain supaya jika ada kotoran maupun barang hotel yang hilang segera dapat diketahui. Kemudian, jangan lupa catat dan laporkan kalau ada kerusakan. Langkah selanjutnya membuka day curtain dan mengatur temperatur AC pada posisi normal/sedang.
Ambil sampah dari kamar dan kamar mandi. Buang sampah ke dalam kantong plastic yang ada di garbage humper pada kereta trolley. Sebaiknya sampah di masukkan ke dalam kantong plastik jika disediakan kalau ada alat-alat room service (pelayanan makan dan minum di kamar) keluarkan dan letakan di servis area,atau hubungi bagian “ room service”, melalui telepon.
b. MEMBERESKAN TEMPAT TIDUR
Jenis-jenis tempat tidur:
 Single bed
Satu buah tempat tidur yang di tempati untuk satu orang.
 Twin bed
Dua buah tempat tidur yang di tempati untuk dua orang.
 Double bed
Satu buah tempat tidur yang di tempati untuk dua orang .
 Extra bed
Tempat tidur tambahan.
 Baby cot/crip
Tempat tidur khusus untuk bayi .
 Studio bed
Tempat tidur yang dapat digunakan untuk sofa atau sebaliknya (dwi fungsi)




Bagian-bagian tempat tidur dan perlengkapannya
 Bed Head Board
 Matres ditutup dengan bed cover
 Matres ditutup dengan bed cover
 Bed weel & bed leg
Langkah selanjutnya adalah menata tempat tidur, prosedur dalam menata tempat tidur.
 Persiapan
Semua linen kotor dipindahkan dan linen bersih disiapkan,tempat tidur ditarik ketempat leluasa untuk mempermudah dalam making bed, memriksa kerapian bed,dan berdiri untuk melakukan tahap selanjutnya.
 Langkah Kerja
Tebarkan sheet pertama agar menutup bed dengan permukaan halus dibagian atas, sheet bagian head board dan bagian bawah dilipat dengan lipatan segitiga rapi. Kemudian tebar duvet hingga membentang rapi rata sisi kanan,kiri,bagian sisi dekat head board dipasang 10cm lebih panjang dari pinggir bed. Lalu masukan insert duvet kedalam duvet, kibaskan dengan beri angin pada duvet untuk meratakan insert duvet didalam hingga merata pada semua sisi, setelah itu mengecek ulang untuk memastikan kerapian sisi dan sudut kanan,kiri atas dan bawah duvet terisi dengan insert duvet. Jika sudah lipatlah bagian duvet head board sebanyak 2x dengan ukuran 20cm,lalu pada duvet sisi kanan,kiri dirapikan dengan lipatan lurus.
 Penyelesaian
kemudian menata pillow dekat head board dengan rapi,yang diakhiri dengan mendorong bed kembali keposisi semula.

 Membersihkan Dinding Kamar Mandi
Dinding kamar mandi dibersihkan dari atas kebawah dengan digosok menggunakan spoon dan bahan pembersih (MPC) secara menyeluruh setelah dibasahi dengan air bersih,kemudian bilas dengan air hangat agar cepat kering lalu lap dengan reject towel.
 Membersihkan Wash Basin
Mulai dari membersihkan lantai sekitar Wash Basin, bagian depan dan membersihkan bagian dalam Wash Basin selanjutnya membilas dan mengeringkan dengan reject towel.
 Membersihkan Toilet Bowl
Toilet diflasher hingga terlihat bersih,lalu diberi chemical (Go getter) kedalam Toilet Bowl dan diamkan selama kurang lebih 15menit. Setelah itu bagian dalam Toilet Bowl & covernya dibersihkan dengan spoon atau hand brush hingga bersih lalu dibilas dan keringkan dengan reject.

 Membersihkan Lantai Kamar Mandi
Hal yang terakhir dalam membersihkan, pertama-tama disiram dengan air dan disikat dengan sikat tangan (hand brush) dengan menggunakan obat pembersih lantai (forward )/ (MPC) ,setelah disiram dengan air lalu di keringkan dengan reject towel. Dari arah depan kamar mandi sampai arah belakang pintu kamar mandi. Kemudian langkah selanjutnya adalah mendusting dengan system searah jarum jam, mulai dari sebelah kanan pintu sampai bagian terakhir. Pembersihan dilakukan dengan benar dan baik, jangan sampai tamu menemukan ada bagian-bagian yang masih kotor. Dan terakhir dengan memvacum cleaner seluruh lantai ruangan di kamar maupun di kamar mandi.


 Pembersihan Kamar Yang Efektif
Cara pembersih Kamar Yang Efektif sesuai dengan arah jarum jam yaitu dari sebelah kiri kekanan, hal ini dilakukan supaya tidak ada yang terlupa
a. permukaan pintu dibagian luar dan dalam di dusting mengunakan dust cloth pakai shine up agar terbebas dari debu. Wardrobe bagian dalam di dusting pakai shine up lalu dilengkapi seperti :
b. hanger,extra pillow,laundry list dan laundry bag,slipper,dan safetybox
c. drower dan mini bar set didusting dengan glass cloth pakai glss cleaner
d. luggage rack didusting dengan reject towel pakai shine up
e. dressing table dan laci-lacinya didusting pakai shine up
f. face mirror didusting dengan glass cloth pakai glss cleaner agar tidak meninggalkan bayang-bayang/bekas saat dibersihkan
g. coffe table didusting dengan reject pakai shine up
h. jendela didusting dengan glss cloth pakai glss cleaner
i. naight table,head board writing desk dan telephone didusting pakai shine up dengan reject towel.
j. body mirror dengan glass clocth pakai glss cloth.
k. Ganti plastic sampah ( wash bucket )dengan rapi

Sekiranya semua lengkap dan bersih maka langkah terakhir dengan vakum cleaner semua ruangan dan mengatur sirkulasi udara dengan AC dan pastikan lampu dalam keadaan mati,lalu beri penyegar ruangan dan menutup pintu kamar dengan sempurna.




BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH
Permasalahan
 Banyaknya sheet yang terkena noda
 Kurangnya handuk pada saat kamar penuh terisi
 Selang penyedot debu yang sering putus
 Kurang telitinya room boy pada saat mengerjakan kamar
 Pada saat hujan turun area lobby depan hotel tergenang air
Pemecahan Masalah
 Banyaknya sheet yang terkena noda
Cara menanggulanginya: Usahakan teliti saat menebar sheet, jika ada sheet yang terkena noda pisahkan dengan sheet yang lain dan jangan mempergunakan nya lagi. Jika sheet yang sudah di pisahkan dan di pakai lagi maka akan menghambat pekerjaan room boy.
 Kurangnya handuk pada saat kamar penuh terisi
Cara menanggulanginya: Untuk kamar yang VCI atau siap di jual kepada tamu usahakan di isi perlengkapan linennya, untuk tamu yang yang ingin menggantikan handuknya dengan yang baru jika handuk tidak ada persediaan meminta maaf dan menjelaskannya kepada tamu tersebut.
 Selang penyedot debu yang sering putus
Cara menanggulanginya: biasakan jangan menarik selang penyedot debu karna bagian badan nya yang lebih berat sehingga ini akan membuat selang penyedot akan cepat putus. Usahakan membawanya di dorong dengan batang penyedot debu.
 Kurang telitinya room boy pada saat mengerjakan kamar
Cara menanggulanginya: Hal ini sering terjadi biasanya pada kamar yang kotor atau kamar yang tamunya keluar, adapun hal-hal yang sering di lupakan adalah kebersihan kamar, bagian yang kurang perhatian adalah bawah tempat tidur, seorang room boy seharusnya lebih teliti.
 Pada saat hujan turun area lobby depan hotel tergenang air
Cara menanggulanginya: Staf Department Housekeeping seharusnya mengantisipasi untuk masalah ini. Siapkan peralatan-peralatan yang diperlukan dan jangan sampai ada air tergenang.














BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam penyusunan karya tulis ini penulis ini telah mengutarakan pengalaman yang telah penulis dapat selama training di Housekeeping.dengan judul yang penulis buat “TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SEORANG ROOM BOY” Housekeeping adalah departemant yang ada di hotel,yang melayani tamu-tamu yang yang memerlukan pelayanan kamar.di antaranya dapat di simpulkan dalam pengertian dari Housekeeping. Pelayanan dalam restaurant dan sebagainya.
Housekeeping departemant telah di uraikan bab-bab tinjauan umum dan tinjauan khusus.maka dapat di simpulkan sebagai :
 Pengertian Housekeeping,yaitu suatu pelayanan yang menyediakan pelayanan kamar dan bertanggung jawab atas kebersihan seluruh area hotel.
 Bagian-bagian Housekeeping departemant,juga bertanggung jawab dari setiap departemant yang ada di hotel.
 Setipa pelayanan harus mengikuti standar operasional procedure.
B. saran-saran
Baerdasarkan on-job training di departemant Housekeeping penulis mendapatkan pengatahuan mengenai bgagian-bagian yang ada di departemant Housekeeping .dengan pengetahuan yang penulis dapatkan selama training departemant Housekeeping,maka penulis menyusun karya tulis.karena berguna untuk mengikuti ujian akhir semester (US) dan ujian akhir nasional (UN) setelah pembaca karya tulis ini,penulis menghargai saran-saran dan kritik dari pembaca.bila ada kesalahan-kesalahan dari peulisan ini penulis akan memperbaikinya dengan sebaik mungkin.
Penulis ini juga menyampaikan banyak terima kasih kepada karyawan-karyawan dan supervaisor yang ada di .yang telah mengajarkan penulis dan memberi sedikit pengetahuanya tentang Housekeeping Departemant.salain itu penulis juga mengucapkan kepada sekolahan SMK SISMADI yang telah memberkan materi-materi dan praktek yang telah di berikan kepada penulis . Sehinnga penulis mengetahui semua departemant yang ada di hotel yaitu:Housekeeping,f&b service,front office,and food product.dan penulis ini ingin minta maaf bila ada kesalahan-kesalahan atas penulisan karya tulis ini.
Dengan adanya kesimpulan ini maka akan mempermudah dan mengerti Housekeeping departemant dan departemant lainnya.














DAFTAR PUSTAKA
Darsono, Agustinus.1995. Tata Graha Hotel (housekeeping) Rasindo Gramedia,
Jakarta
Job discription Golden Boutique Hotel Jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar