Jumat, 24 September 2010

karya tulis

Karaya Tulis

Dianjurkan Untuk Memenuhi Salah Satu

Syarata Untuk Mengikuti Ujian Nasional

Tahun Ajaran 2010/2011

Di Susun Oleh:

NAMA: M.ZAMALUDIN

NIS:

PROGRAM KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN

SMK SISMADI

2011

LEMBAR PERSETUJUAN KARYA TULIS

Nama : M.Zamaludin

NIS :

Pogram Keahlian :akomodasi perhotelan

Judul Karya Tulis :

Telah diperiksa dan disetujui untuk diajukan

Pada tanggal

Pembimbing materi pembimbing tehnik

LEMBAR PENGESAHAN

Karya tulis ini diajukan pada hari tanggal 2011

Penguji I penguji II

Mengetahui,

Kepala SMK Sismadi

Marlina Yuliana,Amd.Par

LEMBAR PERNYATAAN

Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya tulis ini adalah karya saya sendiri. Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian isi karya tulis ini bukan hasil karya saya sendiri,saya menerima sangsi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Jakarta,2011

M.Zamaludin

NIS:

ABSTRAK

MOTTO

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul ‘’-----------------------------------------------------------------------------------------------“.penyusunan karya tulis ini di ajukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti UJIAN NASIONAL SMK Sismadi tahun ajaran 2010/2011

Penulis menyadari bahwa selesainya laporan ini selain merupakan hasil keja penulis juga berkat bantuan dari beberapa pihak. Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Ibu marlina yuliana amd.par selaku kepala SMK Sismadi

2. Sebagai guru pembimbing tehknis

3. Ibu marlina yuliana amd.par selaku guru pembimbing materi

4. Selaku wali kelas

5. Segenap guru dan staff SMK Sismadi

6. Golden boutique hotel Jakarta yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan on the job training

7. Para karyawan dan karyawati Golden boutique hotel Jakarta yang telah banyak membantu

8. Ayah dan ibu penulis yang telah mendukung dalam proses penulisan karya tulis

9. Semua teman-teman yang telah memberikan saran dan motivasi dalam penyusunan karya tulis

Dalam penyusunan karya tulis ini penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna,masih banyak kekurangan yang memerlukan penyempurnaan baik dalam materi maupun penyajiannya. Oleh karena itu,penulis sangat mengharapkan saran dan kritik guna perbaikan penyusunan karya tulis di masa yang akan datang.

Penulis juga berharap semoga karya tulis ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan prestasi belajar dunia pendidikan pada umumnya dan pada SMK pariwisata khususnya.

Jakarta 2011

Penulis

M.Zamaludin

NIS.

DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL

LEMBAR PERSETUJUAN

LEMBAR PENGESAHAN

LEMBAR PERNYATAAN KARYA TULIS

ABSTRAK

MOTTO

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

B. Identifikasi dan Pembatasan Masalah

C. Perumusan masalah

D. Tujuan Penelitian

E. Kegunaan penelitian

F. Sistematika Penelitian

BAB II METODELOGI PENELITIAN

A. Tempat dan Waktu Penelitian

B. Sejarah Singkat Perusahaan

BAB III PEMBAHASAN

A. Landasan teori

B. Analisis masalah

C. Pemecahan masalah

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

LAMPIRAN

BAB I

PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG MASALAH

BAB II

METODELOGI PENELITIAN

A.TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN

1. TEMPAT

GOLDEN BOUTIQUE HOTEL

2. WAKTU PENELITIAN

Tanggal

B.SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN PENULIS

1.1 Sejarah dan keadaan umum berdirinya hotel golden Jakarta

Pada awal berdirinya golden boutique hotel merupakan bagian dari PT>golden truly yang bergarak diberbagai bidang bisnis antara lain : Retail,Financial, services, property, distributorship and export/import, computer system,hotel chain dan diberikan nama hotel golden

Hotel ini dibangun sejak tahun 1995, tetepi baru dibuka pada tahun 1997. Hotel golden berlokasi di jalan Angkasa No.1 Jakarta Pusat 10720

Pada perencanaan awal hotel ini merupakn hotel berbintang tiga dengan fasilitas bintang empat,tetapi setelah peninjauan dari Deparpostel, maka hotel ini di tetapkan dan di resmikan sebagai hotel berbintang empat, peresmiannya di lakukan oleh man parpostel pada saat itu di jabat oleh bapak Joop Ave.

Pada awalnya pemilik hotel ini adalah bapak Bambang Sutrisno dan juga menjabat sebagai Managing Director dari golden truly group. Pengelola hotel ini di bawah lisensi dari SUNROUTE HOTEL SYSTEM JAPAN, dan sebagai General managernya adalah Mr. Michael Akira Ogii.

SUNROUTE HOTEL SYSTEM JAPAN adalah chain hotel dari jepang, yang hotel-hotelnya banyak terdapat di jepang dan di hongkong. Hotel golden merupakan hotel yang mempunyai 17 lantai dengan kapasitas 250 kamar dengan ballroom yang mampu menampung sampai 1500 orang.

Seluruh kegiatan hotel setiap harinya ditangani oleh seorang project manager dibantu oleh general manager dan resident manager. Project manager bertindak pula sebagai kepala divisi hotel (Kadiv hotel ) di golden Truly Group.

Adapun yang menduduki jabatan ini adalah ibu trisna pudjawathi. Tetapi pada tahun 1998, baik general manager maupun resident manager ditiadakan akibat adanya krisis moneter

Tetapi sejak tahun 2000 golden hotel telah bekerja sama dengan choice hotel international dan terjadi perubahan management pengelolanya sehingga berganti nama menjadi clarion hotel golden

Adapun pengelola operasional clarion hotel dipercayakan kepada anak perusahaan choice hotel yaitu PT.prudencial global asia (PGA) dimana yang di tunjuk sebagai GM adalah bapak Suherman Widjaya .

Seiring dengan perubahan waktu maka terjadi perubahan kepemilikan saham atas hotel ini maka tepatnya pada bulan maret 2004 clarion hotel golden berganti management dari choice hotel international system beralih kepada golden fortune management system serta berganti namamenjadi golden boutique hotel dan di pimpin oleh seorang general manager berkewarganegaraan jerman yaitu Mr.Francis Dehnhardt.

1.2 fasilitas-fasilitas yang tersedia di hotel golden

Golden boutique hotel adalah sebuah hotel yang memiliki kategori bintang empat yang telah di sahkan oleh deparpostel. Bentuk bangunan golden boutique hotel mempunyai unsure yang unik dan aneh,karena bangunan nya mencerminkan sayap burung garuda yang sedang terbang.

Jenis pelayanan yang di berikan kepada tamu adalah penjualan kamar-kamar yang terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari standard sampai dengan suite

1. Kofigurasi kamar secara jeseluruhan adalah 250 kamar

2. Jenis-jenis kamar

-Golden superior single 70 kamar

-Golden superior twin 90 kamar

- Golden luxury room 33 kamar

- Golden luxury twin 33 kamar

-executive floor ( single ) 16 kamar

-executive floor ( twin ) 7 kamar

-honeymoon suite 1 kamar

Selain kamar,fasilitas yang di miliki oleh golden boutique hotel adalah

1.asiatique coffee shop

Sejak februari 2004 coffee shop ini beralih kepemilikan dari fame station ke golden boutique hotel management, terletak di lobby area denagn menu eropa dan Indonesia. Coffee shop ini membuka jam operasi 24 jam, dsan member hiburan seperti live music. Selain itu juga menerima function atau acara untuk pernikahan,ulang tahun dan lain sebagainya

2.business centre

Memberikan pelayanan kesekertariatan dari pengetikan,penyewaan computer, internet sampai membantu tamu untuk pemesanan atupun pembatalan tiket pesawat. Terletak di area lobby di samping front office counter, dan beroperasi pada pukul 09:00-17:00 Hrs