Senin, 25 Oktober 2010

Karya 1

E.housekeeping room section
di dalam department housekeeping ada beberapa bagian yang menangani tugas-tugas tertentu, seperti linen, laundry, public area, order taker, store keeper, gardening section yang tugasnya sangat penting dalam penyewaan kamar.
1. Pengertian room section
room section adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapihan dan kenyamanan pada saat tamu menginap. Room section dipimpin oleh floor captain/floor section yang bertugas memeriksa kamar yang sudah di bersihkan,apakah kamar itu bersih, lengkap, dan indah sehingga dapat di jual kepada tamu.
2.pengertian room attendent
floor captain/floor section memiliki bawahan yang di sebut dengan room attendent yaitu, orang yang bertugas dalam melaksanakan pembersihan kamar. Room attendent laki-laki biasa di sebut dengan Room Boy sedangkan Room Attendent perempuan biasa di sebut dengan Room Maid.
3. Tugas dan tanggung jawab Room Attendent
room attendent mempunyai beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan setiap saat selama bekerja antara lain sebagai berikut:
-membersihkan kamar tamu
-melengkapi kebutuhan/perlengkapan kamar (guest supplies)
-membuat laporan penemuan serta kehilangan barang milik tamu di area hotel
-melaporkan kehilangan barang milik hotel yang terbawa oleh tamu
-memberikan pelayanan yang memuaskan kepada tamu
4. Persiapan Kerja Seorang Room Attendent
Dalam menjalankan tugasnya seorang room attendent memerlukan prasarana pembersih, agar tugas yang di jalankan dapat berjalan dengan baik. Prasarana tersebut meliputi:
1) Room Boy Trolley car
2) Guest Supplise
3) Cleaning Equipment
4) Cleaning Equpment
5) Linen
6) Alat Tulis dan room boy control sheet
7) kunci kamar (Room Key)
5. Pengertian Berbagai Macam Prasarana Room Attendent
a) Trolley car
adalah sejenis kereta dorong yang berfungsi untuk menempatkan atau membawa alat perlengkapan kerja linen dan perlangkapan tamu. Komponen-komponen trolley car:
- Gadget stationary
adalah tempat untuk menaruh guest supplies dan perlengkapan lainnya
-kanvas/hamper
pada masing-masing trolley trdapat 2 kanvas/hamper, yaitu garbage hamper dan linen hamper. Garbage hamper berfungsi untuk menaruh pelastik sampah guna membungkus sampah dan membuangnya di staff only jika hamper sudah penuh. Sedangkan linen hamper berfungsi untuk menaruh linen-linen yang kotor dan jika sudah penuh linen-linen ini akan segera di ambil oleh linen Room Boy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar